Selasa, 19 Oktober 2010

Cara mencari kunci, chord, akord, nada dasar lagu tanpa buku lagu

Cara termudah yaitu dengan beli buku daftar lagu terus mainin deh itu... kalo pake mau nadanya pas ma lagu live ya tune dulu nadanya ke nada dasar standar biasanya sih Do=C dan liat dulu kemampuan gitar n senar loe kalo mau standard tune.. Dengan demikian tidak perlu penjelasan lagi kan... jadinya judul di atas kurang tepat..

Pernah denger mayor harmonic? gua juga ga yakin loe pernah denger sih, coz gua ga begitu tau istilah-istilah dalam musik, jadi cukup maen aja ma feeling..
Mayor harmonic merupakan "alur" yang paling sering dipake dalam musik indonesia dekade baru ini..
seperti ini, misalkan kita sudah tau nada dasar suatu lagu adalah C.. selanjutnya tinggal feeling aja buat tau chord selanjutnya.. cuma dikit kok.. karena rangkaian kombinasi susunan dari nada dasar C adalah:
C F G Dm Em Am
kadang-kadang ketambahan Bb atau apalah tp ga dominan kok.. Jadi untuk setiap lagu yang pake nada dasar C ya cuma itu chord yang dipake..

Misal nada dasarnya D? ya tinggal susun aja kayak diatas tapi ditambah 1 nada, jadinya:
D G A Em F#m Bm

Buat cari nada dasar?
Hmmm ini yang harus pake feeling lebih... coba lu ikuti lantunan nada pada lagu ato cari do re mi nya, pada gitar kalo lantunan do re mi jarak fretnya urut tanpa jarak itu berarti nadanya mi fa ato si do, cari lagi jaraknya ato langsung tebak juga bisa.. yang sulit cuma feeling dalam mencari do re mi itu, tapi itulah yang paling basic dan merupakan pondasi yang WAJIB bagi musisi..

3 komentar:

  1. Salam kenal...izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan ke www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus
  2. Trus klw udh dpt de re mi nya gmn cara tau itu nada dasar lagu gan?

    BalasHapus